Sunday, August 27, 2006

Klinik Herba
Balita Sulit BAB

Konsultasi kesehatan dengan terapi herba,
Diasuh oleh Toto Buntoro dari Herba Penawar Al-Wahida (HPA)
Jumat, 25 Agu 06 11:29 WIB

Pak Toto yang terhormat,

Anak saya yang baru berumur 2 tahun, sudah 3 bulan ini sulit sekali buang air besar, periodenya mencapai 10-15 hari sekali, itupun dilakukan dengan kesulitan yang amat sangat. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat sudah dilakukan, berobat ke dokter sudah dilakukan beberapa kali, bahkan sudah dilakukan pemijatan oleh salah seorang distributor HPA, tetapi hasilnya masih belum mengembirakan.

Apakah ada terapi lain yang harus dilakukan? Apakah ada herba yang cukup efektif, aman dan mudah diberikan kepada anak saya yang masih balita untuk mengatasi sembelit ini?

Abu Mastika
Jawaban

Saudara Abu Mustika Yth.,

Sulit buang air besar (BAB) disebut juga dengan nama sembelit, adalah suatu keadaan di mana seseorang sulit melakukan BAB yang disebabkan adanya penumpukkan penyumbatan di usus oleh sisa-sisa makanan atau feses (tinja). Seseorang yang tidak melakukan BAB lebih dari 14 jam kemungkinan besar mengalami sembelit.

Penyebabnya, biasanya dikarenakan kurang minum air putih dan serat (sayur-sayuran atau buah-buahan). Di dalam usus besar, serat dan sejumlah zat tepung terfementasi, Serat inilah yang membentuk bulk (badan kotoran). Kotoran inilah yang membantu mendorong otot usus membuat makanan yang telah dicerna didorong melewati usus, sehingga BAB menjadi lancar.

Masalah muncul bila di dalam usus kurang tersedia serat, sehingga proses pembentukan bulk agak lama. Pada orang yang jarang mengkonsumsi serat, sisa-sisa makanan yang tidak terserap tubuh akan berhenti dalam usus. Akibatnya orang itu akan merasa sakit dan sulit buang air besar.

Dampak dari sulit BAB jika tidak ditangani segera bisa menyebabkan tumbuhnya wasir akibat proses mengejan saat BAB. Di samping itu, gangguan ini bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit, baik di dalam usus besar itu sendiri maupun di bagian tubuh lainnya, termasuk dalam kategori ini adalah kanker usus besar. Pasalnya, di dalam tinja banyak mengandung racun-racun yang tidak terkontrol. Racun-racun yang tersimpan sekian lama itulah yang menyebabkan kanker. Kanker usus besar itu terjadi setelah terakumulasi selama bertahun-tahun di dalam usus.

Bujuk si anak untuk banyak meminum air putih dan mengurangi minum susu. Atau, jika anak bapak suka dengan buah, berikan buah yang banyak mengandung vitamin C-nya seperti jeruk, pepaya dan lain sebagainya, karena vitamin C termasuk obat pencahar ringan. Dan, jangan pernah menggunakan obat-obatan pencahar yang dijual bebas di warung-warung atau minuman-minuman yang mengandung serat, karena pencahar mengganggu penyerapan sodium dan keseimbangan potonium di usus besar.

Coba berikan herba Tuju Angin dan Pelawas, serta Spirulina. Dosis untuk Tuju Angin dan Pelawas, berikan 2 kapsul untuk pagi dan sore selama empat hari. Jika dalam waktu empat hari belum ada perubahan, dosis di tingkatkan menjadi 3 kapsul pagi dan sore. Demikian seterusnya, evaluasi dilihat setiap empat hari, bila dalam waktu tersebut belum ada kemajuan tambahkan dosis dengan satu kapsul. Tapi, jika sudah terjadi perubahan, misalnya si anak sampai diare, maka cukup gunakan dosis terakhir.

Sedangkan untuk Spirulina, dosisnya cukup 1 pagi dan 2 sore. Ketiga herba tersebut dikonsumsi 30 menit sebelum makan.

No comments: