Wednesday, June 14, 2006

WANITA

Kadang dalam satu komunitas atau lingkungan dimana aku berada di dalamnya, banyak sekali yg menarik untuk aku perhatikan dan sasaranku biasanya pada sesuatu yg berbeda dengan yg lainnya hingga membuat aku ingin tau lebih banyak.

Begitu banyaknya nara sumber dan informasi yg aku lihat dan aku dengar, hingga kali ini aku tertarik sekali untuk membahas masalah wanita, dimana keunikan pada diri seorang wanita yg kadang menjadi suatu misteri yg sulit untuk dimengerti, karena perasaan yg selalu mendominasi wanita untuk bersikap dan mengambil keputusan yg kadang diluar akal sebagian jenisnya dan lawan jenisnya.

Berapa banyak seorang wanita yg tiba2 datang padaku dan menceritakan masalahnya yg berhubungan dengan lawan jenisnya yg memperlakukan dirinya dengan tidak baik dan menyakiti dirinya dan perasaannya, tapi masih juga wanita tersebut memaklumi semua tindakan pasangannya tersebut dengan berbagai alasan dan inti dari semua alasan wanita tersebut memaklumi tindakan yg menyakitinya itu adalah karena cinta dan sayang terhadap pasangannya ataupun keluarganya. Yang unik disini adalah sumber dirinya tersakiti serta cinta dan sayangnya terampas disebabkan oleh wanita pula.

Berapa banyak pula laki2 yg datang dan menceritakan keluh kesahnya padaku, hingga membuat laki2 tersebut hilang kontrol terhadap semua sisi yg ada dalam dirinya dan itupun karena wanita. Laki2 gagah menjadi loyo, laki2 yg cerdas menjadi bodoh, yg mempunyai jabatan menjadi hancur jabatannya, yg kaya raya menjadi melarat, yg ingat menjadi lupa dan itu semua karena wanita. (wanita oh..wanita..ada apa dengan dirimu..??)

Tiba2 seorang wanita yg sudah berdiri dihadapanku dengan air matanya dan menceritakan bahwa suaminya mencintai wanita lain hingga dirinya ingin diceraikan begitu saja dengan alasan yg akhirnya cenderung dibuat2 untuk menceraikannya, tapi sang wanitapun berusaha sekuat mungkin menahan dan menerima semua rasa sakit untuk tetap bertahan dan bersama suaminya walau terpaksa harus menerima semua perlakuan yg tidak nyaman dari suaminya tersebut.

Dan tiba2 pula seorang wanita yg nekat ingin memalsukan surat perceraian antara dirinya dan suaminya, agar wanita lain yg menginginkan suaminya tsb puas melihat perceraian palsunya dan memalsukan surat pembagian harta gono gini yg diserahkan kepada anaknya agar wanita lain tsb berhenti menginginkan suaminya dan mencampakkan suaminya yg sudah tidak berharta lagi agar kembali kepelukan dirinya. Dan dirinya lebih rela kehilangan semua hartanya asalkan sang suami kembali bersamanya dengan memberikan semua ATM dan tabungan keluarganya kepada wanita lain yg dicintai suaminya tsb, asalkan berhenti menginginkan suaminya.

Hmm..itu 2 contoh keunikan yg terdapat dalam diri wanita yg rela melakukan apapun demi mempertahankan pasangannya dengan dalih cinta dan sayang hingga mengambil keputusan hanya berdasarkan perasaan tanpa logika yg tidak bisa diterima oleh sebagian orang. Sedangkan 2 contoh lagi keunikan wanita yg hanya memenuhi kepuasan dirinya, dia rela menghilangkan rasa belas kasihnya kpd kaumnya sendiri yang menggunakan rasa sayang lawan jenisnya untuk memenuhi kepuasan dirinya.

Hmm..aku pernah memperhatikan seorang wanita yg tidak henti2nya melihat kembali cermin yg ada dalam tas tangannya, dan sesekali pula ia menempelkan kembali spons bedak padat ke wajahnya, yg seolah2 ia tidak rela ada keringat sedikitpun yg melunturkan bedak di wajahnya. Dan bila kuamati rasanya mungkin wanita itu bisa menghabiskan 2 kotak bedak padat dalam sebulan, karena ketebalan bedak yg dipoleskan pada wajahnya hampir menyerupai topeng yg dikenakan. Sedangkan yg ada dikepalaku adalah berapa rupiah yg harus dia keluarkan hanya untuk bedak yg dipakainya, dan andai harga bedak padat itu seharga Rp. 75.000,- berarti dalam sebulan ia harus mengeluarkan uang Rp.150.000,- hanya untuk bedak. Belum lagi alas bedak, pemerah wajah, eye shadow, lipstik, lips glos, maskara, celak mata, pinsil alis. Hmm..berapa ratus ribu or jutaan rupiah uang yg menempel hanya pada wajahnya yg kemudian setelah itu dihapus menjelang tidur. Dan berapa lama waktu yg diperlukan untuk menempelkan itu
semua diwajahnya dan berapa lamu pula waktu yg dihabiskan untuk membersihkannya kembali menjelang tidur??:) belum lagi aksesoris lain yg harus dikenakannya untuk menyempurnakan penampilannya spt minyak wangi, contact lens, pewarna rambut, body lotion, aksesoris gelang, kalung, cincin, baju seksi, dan sepatu tinggi. Dan berapa rupiah yg harus dihabiskan oleh seorang wanita hanya untuk memenuhi kepuasan dirinya agar semaksimal mungkin menarik perhatian lawan jenisnya.

Hmm..yg ada dikepalaku andai wanita itu bersuami dan ia telah menghabiskan uang suaminya dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah hanya untuk ditempelkan diwajahnya, sementara siang hari suami bekerja di kantor dan tidak bisa menikmati pernak pernik yg dipakai oleh sang istri di siang hari, bahkan sang suami hanya menikmati wajah polos sang istri menjelang tidur tanpa bedak, eye shadow, pemerah wajah, lipstik, masrkara, dan tanpa alis?? Kebayang olehku seolah2 sang suami harus tidur dengan wanita berbeda di siang dan malam harinya, yaitu dengan wajah pucat tanpa alis seperti tuyul.

Demi memuaskan keinginan yg ada di dirinya, seorang wanita yg diketahui sebagai salah satu mahluk lembut dengan kasih sayangnya dan mahluk lemah karena fisiknya, ternyata mempunyai kekuatan yg sulit untuk ditolak oleh lawan jenisnya. Hingga ia mampu menjadi seorang yg tanpa perasaan, hingga mampu menghalalkan segala cara untuk mendapatkan sesuatu yg diinginkannya walau harus menghancurkan sesamanya.

Hmm..sekarang aku ingin menjabarkan hasil penilaianku terhadap wanita. Wanita adalah salah satu bagian keindahan yg diciptakan oleh Allah selain dunia dan isinya untuk dinikmati oleh dirinya sendiri ataupun lawan jenisnya. Setuju atau tidak itulah kenyataan! Sedangkan pria di takdirkan oleh Allah sebagai penikmat dan pecinta keindahan yg ada pada diri wanita, setuju atau tidak itulah kenyataan.!

Penilaianku ini ingin kucoba sambungkan dengan beberapa hadist yg pernah aku baca ttg wanita, yg kira2 bunyinya: Rasulullah bersabda “aku diberikan kemampuan oleh Allah untuk menolak 2 hal yaitu harta dan kedudukan, sedangkan aku diberikan kelemahan untuk cenderung kepada 2 hal yaitu mewangian dan wanita” (muslim)

Rasulullah bersabda “hati2lah kalian terhadap dunia dan hati2lah kalian terhadap wanita, sesungguhnya fitnah pertama kali yg menimpa bani israil adalah wanita” (muslim)

Jadi jelas peringatan Rasulullah yang harus diwaspadai adalah dunia dan “wanita”. Tapi..wanita mana yg sebenarnya yg harus diwaspadai dan diperingati oleh Rasulullah??

“Wanita itu adalah tiang negara, baiknya wanita maka baiklah negara dan rusaknya wanita maka rusaklah negara” hmm..berapa banyak laki2 yang berkuasa dan hebat bisa dihancurkan oleh “wanita” dan berapa banyak laki2 yang menjadi hebatpun karena wanita.
Dan ternyata wanita yang secara fisik terlihat lemah dan kodratnya harus dilindungi dan menjadi makmum bagi laki2, ternyata menjadi penentu baik or tidaknya satu keluarga dan negara. Dan ternyata dalam diri wanita pula terdapat keindahan dan kebaikan yg tidak bisa dipungkiri “dunia itu laksana perhiasan dan sebaik2nya perhiasan adalah wanita sholeha”
dan terbukti ada 2 sifat dalam diri wanita yg menjadi kekuatan untuk menentukan baik dan buruknya keluarga atau negara.

Dan ternyata yang diberikan tanggung jawab untuk menjaga wanita dan penentu salah satu sifatnya untuk menjadi dominan cenderung baik dan buruk adalah laki2. hmm…aku pernah baca salah satu ayat al-qur’an yg berbunyi "Kaum laki2 itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki2) atas sebagian yg lain (wanita).." (An-Nisa 34)

atau bunyi hadist "Takutlah kepada Allah dalam urusan perempuan. Sesungguhnya kamu ambil mereka dengan kepercayaan Allah, dan kamu halalkan kehormatan mereka dengan kalimat Allah" (Riwayat Muslim)
atau bunyi ayat lain dalam al-qur’an “….Dan bergaulah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak” (An Nissa : 19)

atau bunyi hadist “wanita itu diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok, apabila kamu paksa untuk meluruskannya maka ia akan patah dan apabila kau biarkan maka dia akan terus bengkok”
atau
“laki2 yg baik adalah yg paling halus terhadap wanita dan laki2 yg jahat adalah yg kasar terhadap wanita”

atau “sesungguhnya perut bumi itu lebih baik dari pada laki2 yg kasar terhadap wanita”

yup!! Kesimpulannya adalah wanita mempunyai senjata yg ada pada dirinya berupa keindahan yg diminati oleh laki2 karena wanita diciptakan oleh Allah dan menjadi salah satu sumber keindahan dan perhiasan dunia sedangkan kelemahan dan keburukannya yaitu sering menggunakan senjata dan keindahan yg ada pada dirinya untuk menaklukan lawan jenisnya dan memenuhi keinginannya sedangkan dengan kelebihan kesabaran dan kasih sayangnya pula wanita mampu menyelamatkan laki2 dari kehancuran diri dan rumah tangganya. Sedangkan laki2 diberikan kemampuan untuk memimpin dan mengendalikan wanita untuk mendapatkan kecenderungan yg baik dan buruk pada diri wanita tersebut.

Namun yg terjadi saat ini adalah wanitalah yg mengendalikan laki2 berdasarkan perasaan yg kadang tanpa logika dan laki2pun tidak mampu mengendalikan dirinya untuk tidak dikendalikan oleh wanita karena kodratnya laki2 cenderung sebagai penikmat keindahan yg ada pada diri wanita. Sedangkan kesimpulannya adalah saling menjaga diri antara wanita dan pria. Wanita memahami kelebihannya untuk tidak menggunakannya pada yg bukan tempatnya dan laki2pun menyadari kelemahnnya untuk tidak jatuh pada keinginan yg bukan pula pada tempatnya.

Dan kunci untuk mengendalikan 2 sifat yang ada pada diri wanita dan pria adalah dengan memahami aturan islam, yaitu laki2 agar kuat dasar pemahamannya terhadap islam hingga ia mampu mengendalikan wanita yg dominan lebih menuruti perasaannya dan kadang tanpa logika,untuk mendapatkan kebaikan yg banyak pada diri wanita tersebut dengan menghilangkan or meminimalkan sifat buruknya yg sering menggunakan senjata keindahannya dan dengan pemahaman agama islampun laki2 mampu menolak dan meredam keinginannya pada keindahan yg bukan pada tempatnya. Sedangkan wanitapun agar mampu memahami islam secara benar, hingga mampu menahan keinginannya untuk tidak menggunkan senjatanya dalam menarik perhatian lawan jenisnya yg bukan pada tempatnya.

" Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat ". ( QS.An Nur(24):30 )

Wanita tidak bisa dikasari karena dia akan frustasi kemudian patah, dan wanita tidak bisa selalu dituruti karena akhirnya dia akan selalu ingin dituruti dan akan menjadi patah kembali apabila keinginannya yg selalu dituruti tiba2 di tolak. Itulah peringatan Rasulullah yg mengatakan wanita itu ibarat tulang rusuk yg bengkok, apabila kau paksakan untuk meluruskannya maka ia akan patah dan apabila kau membiarkannya maka dia akan terus bengkok.

“….Dan bergaulah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak” (An Nissa : 19)


by
hana

No comments: