Tuesday, June 20, 2006

Arti Kemenangan
”Orang yang kuat itu bukanlah yang dapat mengalahkan orang lain, tetapi yang dapat mengalahkan dirinya sendiri” [HR. Ibnu Hibban]

Wahai saudaraku seperjuangan di medan dakwah....... Tak ada jalan enak yang ditempuh oleh pejuang. Setiap jalan yang diambil penuh onak dan duri, bukankah Rasulullah bersabda bahwa surga itu dikelilingi sesuatu yang memang tidak menyenangkan. Lihat perjalanan Beliau, orang yang sangat disayang oleh Allah, ternyata.... hidupnya penuh dengan ancaman, celaan, ujian, dan rintangan. Itulah warna-warni jalan menuju kemenangan....
Saudaraku........ Sudah garis Ilahi, seorang pejuang ibarat pendaki, ia harus melalui bukit terjal, jurang yang curam, semak belukar yang runyam. Kian tinggi memanjat biasanya semakin sendiri para pendaki. Berada di atas berarti berada di medan yang semakin berat. Karenanya hanya pendaki yang tangguh sajalah yang berhasil menginjakkan kaki disana. Namun.... ketika di atas ia temukan pemandangan indah yang tak bisa dilihat oleh orang-orang di bawah. Ia merasakan kebahagiaan yang tak dirasakan oleh orang lain. Kebahagiaan..... bukankah itu sebenarnya yang dicari manusia?
Saudaraku.....Tak ada sesuatu dalam hidup ini yang perlu ditakuti. Badai pasti melanda, ujian pasti datang. Tak perlu menghindar. Masalah pasti kan menghadang. Tak usah lari, hadapilah. Pandanglah ia sebagai hadiah Ilahi. Terimalah, lalu bukalah. Pasti ada sesuatu bermanfaat di dalamnya. Yang memisahkan kita dengan keberhasilan adalah masalah yang menantang. Namun, sebesar apa pun masalah, ia takkan pernah melebihi kemampuan kita untuk memikulnya. Terlalu naif jika kita dikalahkan oleh masalah. Kita lebih berharga dari masalah yang ada. Masalah-lah yang akan mengantarkan kita pada selangkah lebih maju.
Saudaraku..... dunia yang cuma sebentar ini merupakan tempat menguji kemampuan......Tak perlu kita mengeluh dengan keterbatasan yang memang kita tak mampu mengubahnya. Kita telah sempurna untuk misi kita. Kita telah diberi sosok terbaik. Carilah kekuatan pada diri kita. Duhai saudaraku......., Hidup ini bukan untuk mempersoalkan apa yang kita miliki, namun apa yang dapat kita lakukan dengan apa yang kita miliki. Nilai kita adalah apa yang kita karyakan, bukan apa yang kita keluhkan. Berkaryalah selagi potensi kita masih ada. Berbuatlah selagi kesempatan mengijinkan. Wujudkan karya kita dengan sepenuh hati. Tak perlu mencari sanjungan, ucapan terimakasih, atau pujian orang. Sama sekali tak ada alasan untuk itu. Ketulusan akan membuat kita lepas dari belenggu hawa nafsu yang melelahkan jiwa.
Saudaraku...... masih ingat nasehat Rasulullah bahwa jihad terbesar adalah melawan diri sendiri. Karenanya, kemenangan bukan pada otot yang kekar, suara yang lantang, bukan pula pada saat kita berhasil meluapkan emosi, menghardik orang, atau memojokkan. Apalah arti kemenangan jika meraihnya dengan menyakiti orang sekitar kita. Kemenangan bukan saat kita mengalahkan orang lain. Akan tetapi kemenangan ada pada saat kita mampu mengalahkan diri sendiri. Itulah seni menjalani hidup.

No comments: